Minggu, 27 Februari 2011

Neil Armstrong, Penginjak Bulan Pertama Di muka bumi (Meningggal)


Astronot Amerika Serikat yang pertama kali menginjakkan kaki ke bulan, Neil Armstrong, meninggal dunia pada usia 82 tahun. Keluarganya mengatakan pada Sabtu 25 Agustus 2012, namun tidak menjelaskan kapan dan di mana Armstrong meninggal.

Kantor berira Reuters melaporkan, Armstrong meninggal karena sakit komplikasi setelah menjalani operasi cardiovascular, dua hari setelah ulang tahunnya pada 5 Agustus. 

Sebagai komandan misi Apollo 11, Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada 20 Juli 1969. Saat ia menginjak permukaan yang berdebu, Armstrong mengatakan: "Itu satu langkah kecil bagi seorang manusia, namun satu lompatan raksasa bagi umat manusia." 

Kata-kata itu bertahan sebagai salah satu kutipan yang paling terkenal dari Armstrong.

Neil Alden Armstrong saat menginjakkan kaki ke bulan pada usia 38 tahun menempatkan di puncak prestasi manusia. Namun dia tidak bersenang-senang dalam keberhasilannya. Dia bahkan tampak frustrasi dengan pujian-pujian itu.

"Saya kira kita semua ingin diakui bukan sebagai salah satu bagian dari kembang api, tetapi untuk buku besar dari pekerjaan kita sehari-hari," kata Armstrong dalam sebuah wawancara di CBS  dalam program "60 Minutes" pada tahun 2005.

Lahir 5 Agustus 1930, di Wapakoneta, Ohio, Armstrong adalah anak pertama dari tiga tiga bersaudara pasangan Stephen dan Viola Armstrong. Ia menikah dengan kekasihnya, Janet Shearon, pada tahun 1956. Mereka bercerai pada tahun 1994, dan menikah lagi dengan Carol Knight. (eh)