Minggu, 06 Februari 2011

Bangkai Kapal Terbesar Di muka bumi

Terkenal dengan sangat sederhana sebagai Kapal Russia , kapal karam tersebut oleh sebgian orang telah dianggap menjadi Khanka, yang merupakan sebuah kapal mata-mata Russia yang telah tenggelam sekitar tahun 1982 . Entah benar atau tidak itu adalah bangkai Khanka , akan tetapi kebanyakan dari mereka telah sepakat bahwa bangkai kapal ini adalah merupakan bagian dari sitem komunikasi dan pengawasan yang pernah dilakukan Russia pada masa USSR. Uni Soviet mulai memanfaatkan kapal komersial sepeti kapal penangkap ikan untuk mengumpulkan agen rahasia mereka mulai tahun 1950-an hingga kedepan yang pada masa itu disenyalir telah mendirikan semacam markas sebagai tindak pengawasan terhadap fasilitas militer negara Yamn pada saat itu yang terletak disekitar pangkalan udara militer di Ras Karm pada tahun 1971(wicak).
Didalam dan sekitar kapal karam milik Russia tersebut ditemukan sejumlah perangkat elektronik , termasuk baterai yang berjumlah lebih dari 200 buah tersebut, kabel besar berserat banyak pada sebuah menara antena , dan antena pengarah direksional. Terletak disekitar pulau Zagabad terdapat pada kedalaman hingga 80 kaki dibawah permukaan air laut , diduga kapal ini karam diakibatkan seperti kebanyakan kapal-kapal yang lainnya bertabrakan frontal dengan karang(wicak).

  Kapal USS Utah,terletak di  Pearl Harbor

Diluncurkan pada tahun 1909 untuk melengkapi aramada perang dunia I, sebuah kapal perang kelas Florida bernama USS Utah dilengkapi kru dengan jumlah yang besar dan tidak akan terlupakan dalam serangan di Pearl Harbour yang ditempatkan pada 7 Desember 1941. Sebuah kapal sepanjang 521 kaki yang telah dirubah menjadi sebuah sasaran tembak akan tetapi kemudian dipersenjatai kembali untuk keperluan latihan . Namun, apapun ancaman pada hari naas itu , tidak dapat menghentikan laju torpedo yang diluncurkan dari sebuah kapal perang Jepang pada saat itu dan menenggelamkan kapal itu seketika dalam hitungan  menit(wicak).
Enam periwra dan 52 awak meninggal diatas Utah pada hari itu , dan 54 dari mereka masih terkubur didalamnya yang sudah berkarat, separo tenggelam . Tidak boleh didekati masyarakat umum , terdapat didekat pulau Ford hanya dapat dikunjungi dengan sebuah sponsor atau didikawal oleh personel militer yang berwenang(wicak).

  Kapal P29, Malta

Satu lagi yang berhantu hadir di dasar laut , Kapal P29 yang ditenggelamkan sekitar september 2007 di Marfa point  negara Malta. Sebuah kapal patroli angkatan laut , dengan panjang 167 kaki . Tidak banyak sumber informasi pendukung yang ditemukan tentang kapal ini sendiri akan tetapi merupakan tempat menyelam yang sangat menarik dengan berbagai titik yang sangat menantang , termasuk ruang penumpang yang sangat sempit untuk dilalui saat menyelam : masih terlihat berbagai tombol yang sangat banyak disana , beberapa tuas , panel instrumen yang masih utuh serta beberapa penunjuk tekanan disana masih utuh terpasang, satu lagi sebuah lukisan tasmanian devil yang mungkin sangat terkenal pada saat itu(wicak).

Kapal USS Arizona, di Pearl Harbor

Sebuah Ikon sejarah telah dibangun melalui kenangan kapal yang telah tenggelam yaitu USS Arizona , yang merupakan kapa perang kelas Pennsylvania yang dibangun pada awal dekade abad 20 yang berakhir dengan kisah tragis di Pearl Harbour. Pada saat bom ditembakkan dari 10 pesawat tempur jepang menghajar kapal sepanjang 608 kaki ini, bukan hanya dikarenakan kerusakan yang terlihat akibat hantaman langsung dari 4 pesawat kamikaze saja akan tetapi , juga diakibatkan berbagai bahan peledak yang berada didalam gudang persediaan amunisi yang tertembus peluru sehingga  juga ikut  memperparah keadaan, karena inilah terjadi ledakan yang cukup dasyat yang menimbulkan api yang sangat besar yang menghabiskan seluruh kapal dalam waktu dua hari . Ledakan itu begitu besar sehingga menimbulkan api yang sangat ganas dan mengamuk diwilayah Vestal, perbaikan sangat terhambat hingga pada akhirnya tenggelam disana(wicak).

Sungguh menyedihkan , pada peristiwa itu tercatat angka kematian sebanyak 1171 prajurit di kapal USS Arizona pada hari itu- yang merupakan jumlah hampir separo dari jumlah kematian prajurit dalam serangan mendadak itu. Menariknya , setiap hari lebih dari 2 liter bocoran minyak dari bangkai kapal Arizona tersebut , dan Agan sekalian bisa lihat hasil rembesannya didalam air(wicak).

  Kapal Giannis D, Terdapat di Laut merah Mesir

Terlihat dalam daftar yang tenggelam di sebuah sisi dasar laut , kapa tenggelam berikut ini adalah tempat favorit para penyelam di laut merah Mesir. Dibuat diJepang  pada tahun 1969 , Giannis D yang memilikinama asli Shoyo Maru yang kemudian dijual pada tahun 1975 , kapal ini memiliki panjang 300 kaki yang pernah berganti nama dengan Markos -sebuah julukan yang masih tertulis di bawah lambung kapal dan hal ini membuat beberapa orang menjadi keliru mengenalnya(wicak).
kapal ini pernah dijual kembali pada sebuah perusahaan Yunani selama  5 tahun  dan disinilah mendapatkan nama terakhirnya sebagai  Giannis D -dengan huruf kapital D besar yang tertulis pada corong . Namun ,pada tanggal 19 April 1983 , pada saat mengangkut kayu lunak dari Kroasia menuju Jeddah , Arab Saudi , kapal ini menabrak karang  Sha’ab Abu Nuhas- yang merupakan sebuah gugusan karang – pada kecepatan penuh . Dan membuatnya tenggelam didekat gugusan karang itu hingga sekarang(wicak).

  Kapal Tunda Rozi, di Malta

Tidak banyak informasi yang kami himpun untuk kapal tunda yang satu ini kecuali ditenggelamkan  pada tahun 1992  yang merupakan salah satu lokasi favorit para penyelam di Cirkewwa negara Malta. Beberapa turis sangat suka mengunjungi kapal ini terutama pada labung yang terbuat dari kaca dan membuat mereka kagum akan kondisi kapal ini, karena memang masih benar-benar utuh kecuali mesin dan baling-balingnya(wicak).
Inilah Kapal Tunda Rozi dengan tinggi sekitar 118 kaki yang merupakan rumah dari banyak  makhluk laut-termasuk Ubur-ubur , dan belut Moray yang menggunakan pipa sebagai tempat hidup yang mereka sukai (wicak).

  Kapal Prince Albert, di Roatan, Honduras 

Sengaja di tenggelamkan pada tahun 1987 oleh pemilik  Coco View Resort di Honduras, Sangat terkenal dengan istilah Prince Albert yang memiliki masa lalu penuh  kenangan. Pernah digunakan oleh negara Nikaragua untuk mengantar pengungsi  melarikan diri dari perang yang sedang melanda negara Mereka menuju Roatan , merupakan pulau yang paling besar di teluk kepulauan Honduras(wicak).