Sabtu, 12 Februari 2011

7 Perilaku Yang Merusak Hidup Di muka bumi


7
Mempermak dan menato tubuh
Saat ini banyak orang yang menggunakan kosmetik atau tindakan yang berhubungan dengan perombakan tubuh, mulai dari mengecat rambut hingga menato tubuh untuk mendapatkan tubuh mereka yang baru. Ada yang menganggap ini merupakan perbaikan diri, atau seni, iseng, atau mungkin juga sebagai cara untuk melawan kekuasaan. Mengapa manusia melakukan hal ini?


Tindakan manusia yang seperti itu merupakan praktik-praktik kuno yang sudah dilakukan sejak zaman dulu. Manusia menggunakan itu sebagai simbol status atau kekuasaan, juga sebagai ikatan dalam masyarakat atau agama tertentu.


Saat ini, motivasi yang paling kuat dalam melakukan praktik-praktik di atas adalah untuk tampil cantik.


6
Tindak kekerasan
Anak-anak kerap mengalami kekerasan, baik di sekolah maupun di rumah. Kekerasan di sekolah, yang dilakukan oleh guru maupun teman sekolah berakar dari kekerasan yang terjadi di dalam keluarga.


Namun, bukan hanya anak-anak saja yang mengalami kekerasan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di AS menemukan hampir 30 persen para pekerja kantor juga mengalami kekerasan yang dilakukan oleh bos atau rekan mereka.


Kekerasan itu seperti eskalator, selalu meningkat. Itulah alasan sulit untuk mencegahnya, karena kekerasan itu dimulai dari hal cara yang paling kecil, demikian menurut Sarah Tracy, direktur Project for Wellness and Work-Life di Universitas Arizona.


Para psikolog mengatakan, kita melakukan kekerasan untuk memperoleh status dan kekuasaan.


5
Berbohong
Tidak seorang pun yang tahu mengapa manusia sering melakukan kebohongan. Namun, sebuah studi menemukan bahwa berbohong sudah umum dan terkait dengan faktor psikologis. Robert Feldman, psikolog Universitas Massachusetts menyebutkan, kebohongan berkaitan dengan kepercayaan diri. Ketika tingkat kepercayaan diri seseorang terganggu atau terancam, ia cenderung akan berbohong.


4
Menipu
Tindakan penipuan merupakan hal yang merugikan pihak lain, bahkan penipuan dapat merugikan banyak pihak. Penipuan juga telah merajalela di kalangan politisi dan selebritis. Penipuan tingkat paling kecil yang dilakukan politisi misalnya mereka melanggar janji mereka pada waktu kampanye Pemilu.


3
Mencuri
Pencurian adalah tindakan yang merugikan orang lain. Ini tindakan yang merusak keharmonisan kehidupan masyarakat.


2
Mencandu kekerasan
Kekerasan selalu mewarnai sejarah kehidupan manusia. Namun, banyak bukti yang mengatakan bahwa manusia kuno yang hidup beberapa juta tahun silam adalah orang-orang yang lebih cinta damai dibanding manusia sekarang, meskipun mereka kanibal.


Studi tahun 2008 menyebutkan, manusia mencandai kekerasan seperti mereka mencandu makanan, seks, atau obat terlarang. Para peneliti itu menyebutkan bahwa kekerasan yang dilakukan manusia adalah upaya untuk survival.


1
Berpegang teguh pada kebiasaan buruk
Barangkali, apa pun yang telah disebutkan di atas tidak akan terlalu menjadi masalah kalau tidak dilakukan sebagai kebiasaan. Namun, kebanyakan orang cenderung melakukan tindakan buruk itu. Beberapa alasan orang melakukan kebiasaan buruk yaitu, sifat tidak patuh karena keturunan, kebutuhan untuk diterima secara sosial, ketidakmampuan memahami kemungkinan mengalami kerugian, cara pandang individualistis dan kemampuan untuk merasionalkan kebiasaan yang tidak sehat, dan secara genetis mengalami kecenderungan untuk mencandu.