Rabu, 23 Februari 2011

10 Bioskop Terbaik Di muka bumi


Cine Thisio, Athens, Greece (Foto: cnngo)
Cine Thisio, Athens, Greece (Foto: cnngo)
SAAT mempunyai waktu yang senggang, agenda yang asyik dilakoni adalah menonton di bioskop. Beberapa kota di muka bumi rupanya punya bioskop terbaik. Apa saja?

Simak 10 bioskop unik di muka bumi yang dapat Anda sambangi, seperti dikutip CNNGo.

4DX, Seoul, Korsel

Rasakan sensasi nonton di bioskop 4D pertama di muka bumi yang memutar film box office. Bioskop 4DX di Seoul menjadi bioskop pertama yang menampilkan gambar hidup, kursi yang bergerak, dan aroma yang muncul sesuai adegan di film.

Tidak hanya itu, Anda bisa memilih untuk menjadi salah satu karakter yang ada di film. Anda tinggal memilih karakter dan akan disambungkan ke sepatu Anda, setelahnya, Anda bisa merasakan apa yang karakter itu rasakan.

Bioskop ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki penyakit jantung, penyakit punggung, wanita hamil, dan anak-anak yang tingginya di bawah 1 meter. Harga tiket bioskop 4DX mulai dari 16.000 Won (sekira Rp127 ribu).

Cine Thisio, Athena, Yunani

Athena, Yunani memiliki banyak tempat untuk menonton film di area terbuka, kebanyakan menggunakan area taman. Dari semua bioskop terbuka yang ada di sana, Cine Thisio-lah yang terbaik. Dibangun pada 1935, Cine Thisio memiliki fungsi ganda.

Anda tidak hanya menonton film terbaru dari box office tapi juga bisa menikmati pemandangan Acropolis dan Parthenon yang ada di kejauhan. Tidak hanya itu, Cine Thisio juga merupakan bioskop yang berada paling dekat dengan Gunung Olympus. Bioskop terbuka tertua di Athena ini buka dari April sampai Oktober setiap tahunnya. Rasakan menonton film dengan pemandangan alam spektakuler, terutama saat malam hari.

Alamo Drafthouse, Texas, AS

Bioskop di Austin, Texas, ini memiliki peraturan yang sangat ketat, mungkin di seluruh dunia. Anak di bawah 6 tahun tidak diperbolehkan menonton di sini, tidak boleh bicara sepanjang film, tidak ada iklan sebelum film, dan tidak boleh menyalakan telepon genggam. Peraturan mengenai ini cukup keras. Jika telepon genggam Anda berbunyi atau mengganggu selama film diputar, Anda akan diusir secara massal oleh semua penonton di dalam.

Meski banyak peraturan, menonton bioskop di Alamo Drafthouse bisa jadi pengalaman menonton yang sesungguhnya. Menonton lancar tanpa gangguan, makanan yang enak, dan minuman yang sudah disediakan di bangku Anda.

Cine de Chef, Seoul, Korea Selatan
Satu lagi yang unik dari Korea Selatan. Bioskop Cine de Chef di Seoul memiliki konsep gabungan antara acara makan dan menonton. Meski sudah banyak bioskop yang menawarkan konsep seperti ini, belum ada yang mengalahkan keseriusan Cine de Chef. Bioskop ini memiliki koki bersertifikat Le Cordon Bleu yang menyediakan hidangan Asia modern.

Setelah makan, Anda bisa menonton film dengan nyaman. Bagaimana tidak, kursi di sana didesain penuh privasi. Dua kursi empuk yang berdekatan dan sebuah meja untuk menaruh minuman, dan jarak antarkursi lain pun lumayan jauh. Dijamin acara nonton Anda akan berlangsung tenang, seperti ada di bioskop pribadi.

Konsep unik ini memiliki harga yang cukup mahal yaitu 30.000 won (sekira Rp225 ribu) untuk makanan dan 40.000 won (sekira Rp316 ribu) untuk tiket bioskop.

Teater Castro, San Francisco, AS

Bangunan dari awal abad ke-20 ternyata bisa menjadi tempat yang menarik selain jadi museum dan rumah. Di San Francisco, ada sebuah gedung tua yang dipakai sebagai bioskop. Teater Castro dibuka pada 1922 dan merupakan sisa bangunan dari zamannya yang masih beroperasi hingga sekarang.

Ruang bioskopnya yang benar-benar seperti teater akan mengajak Anda menonton film dengan sensasi berada di teater. Tirai penutupnya adalah beludru merah, sama seperti tirai di panggung teater.

Di dekat layar juga terdapat dua balkon kecil yang biasa ada di gedung teater pada umumnya. Meski begitu, teknologi yang digunakan di Teater Castro sudah memiliki standar terbaru. Di sini Anda akan merasakan sensasi modern dan klasik di satu tempat yang sama.
(ftr)
Rahasia Cinema, Worldwide (Foto:CNNGo)
Rahasia Cinema, Worldwide (Foto:CNNGo)

Uplink X, Tokyo, Jepang

Uplink X adalah bioskop terkecil di Jepang, dengan kapasitas 40 kursi. Bioskop ini bertempat di sebuah gedung serbaguna yang dikelola oleh Uplink Co bersama Pabrik Uplink, ruang teater serbaguna dan Uplink s kafe Tabela. Fitur yang menarik ditonjolkan adalah tempat duduk yang dapat dipindahkan di sekitar dalam ruang, membuat pengalaman menonton film yang lebih interaktif dan sosial.

Prasads, Hyderabad, India

Banyak orang menganggap Prasads sebagai kompleks hiburan di Hyderabad. Namun, di dalamnya terdapat layar bioskop IMAX yang merupakan layar 3D terbesar di muka bumi. Prasads berdiri sejak 2003, dengan ukuran gedung bioskop 72x92 kaki, dan menerima lebih dari 1.500 panggilan setiap hari lewat pemesanan telepon. Film-film terlaris yang diputar di IMAX 3D Prasads sejauh ini adalah "Avatar", "The Polar Express", dan "Harry Potter”.

Secret Cinema, Worldwide


Secret Cinema adalah gedung bioskop di London yang menampilkan film misteri. Dalam setiap penanyangannya, tidak ditunjukkan lokasi penanyangan. Setelah membeli tiket, Anda diberitahu hari dimana lokasi penayangan yang telah ditentukan dan film apa yang akan diputar. Dan, tempatnya akan sesuai dengan film yang ditanyangkan.

Raj Mandir Teater, Jaipur, India

Interior bangunan dengan Art Deco terdiri dari gelombang dan bentuk asimetris. Mandir Raj adalah simbol Jaipur, kota yang ditata dengan indah sejak berdiri pada abad ke-18. Bioskop dibuka pada 1976 dan mampu menampung sekira 1.200 kursi.

Kino International, Berlin, Jerman


Sebuah sisa dari Perang Dingin, Kino Intertasional membawa kita kembali ke periode sosialis Jerman. Kino Intertasional menawarkan rumah seni program, festival, dan pesta. Terletak di sepanjang Karl Marx Allee, di mana seluruh blok bangunan merupakan warisan dan dilindungi oleh Denkmalschutz di Berlin.